skip to Main Content
Jl. Tebet Barat IV/20 Jakarta, 12810 (021) 8357140/50 admin@wimconsult.com

Buku ini menjawab dua pertanyaan yang paling sering diajukan pada penerapan manajemen risiko, yaitu apa manfaat manajemen risiko dan bagaimana mengintegrasikannya dengan sistem manajemen lain yang ada di dalam perusahaan. Manfaat manajemen risiko diuraikan pada bagian prolog, sedangkan integrasi manajemen risiko diuraikan pada bagian epilog. Kedua hal ini juga menjadi sorotan utama perubahan dari ISO 31000:2009 ke ISO 31000:2018. Manfaat manajemen risiko untuk menciptakan dan melindungi nilai berubah dari salah satu prinsip menjadi tujuan manajemen risiko. Integrasi ditambahkan secara eksplisit sebagai salah satu elemen kerangka kerja manajemen risiko. Dari kesadaran mengenai manfaat manajemen risiko hingga integrasinya dengan sistem manajemen lain, banyak hal yang perlu dilakukan organisasi untuk dapat menerapkan manajemen risiko secara efektif. Kombinasi jabaran teori dan praktik yang diberikan pada buku ini niscaya memberikan panduan yang bermanfaat bagi organisasi. Buku ini cocok menjadi rujukan penerapan manajemen risiko oleh segala jenis organisasi dan oleh semua tingkatan di dalam organisasi tersebut.

Ivan Lanin
Direktur Proxis Banking & GRC
Perusahaan Konsultan Manajemen Terkemuka

Penulis buku ini punya pengalaman lengkap, yakni sebagai pucuk pimpinan perusahaan besar, pengajar perguruan tinggi terkemuka, dan penasihat (konsultan) BUMN-BUMN besar. Walhasil, buku karyanya ini sangat bermanfaat bukan hanya sebagai pegangan para pemimpin perusahaan (khususnya Chief Risk Officer), melainkan juga sebagai textbook, untuk perkuliahan di perguruan tinggi.

Prof. D.S. Priyarsono, Ph.D., QCRO, QRGP
Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB
Anggota Komtek Perumus SNI ISO 31000 Manajemen Risiko

Dalam era digital dan VUCA (Volatility-Uncertainty-Complexity-Ambiguity), pemahaman para pemangku jabatan dalam merencanakan, mengeksekusi, dan me-review kegiatan organisasi dalam berbagai bidang, baik bisnis, pemerintahan maupun organisasi nonpemerintah mengenai risiko menjadi semakin penting. Buku Manajemen Risiko ISO 31000: 2108 ini menjadi tools yang penting bagi berbagai kalangan profesional, pejabat pemerintah dan nonpemerintah untuk memelihara kepentingan yang menjadi tanggung jawab mereka masing-masing.

Hadi Kasim
CEO Triputra Group

Back To Top